Halaman Aktif

Selamat Datang

Selamat datang di blog Komunitas Peduli Pisang NTT, blog yang dibuat untuk melengkapi Facebook Fanpage Komunitas Peduli Pisang NTT. Blog di peruntukkan sebagai sarana komunikasi bagi siapa saja yang peduli terhadap keanekaragaman jenis, keanekaragaman kultivar, budidaya, jenis dan pengendalian hama dan penyakit, serta pemanfaatan pisang. Kami di Komunitas Peduli Pisang NTT sangat mengharapkan masukan dari semua pihak yang peduli terhadap tanaman pisang. Silahkan mengklik menu Daftar Isi untuk melihat daftar dan kategori seluruh tulisan dan mohon berkenan menyediakan waktu sebentar saja untuk menyampaikan komentar di dalam kotak komentar di bawah setiap tulisan.

17 December 2017

Mengenal Jenis-jenis Pisang dalam Seksi Rhodochlamys

Pada tulisan sebelumnya telah diuraikan jenis-Jenis pisang dalam seksi Eumusa. Jenis pisang yang dimaksud dalam tulisan ini merupakan jenis dalam kaitan dengan peringkat taksonomik, sebagai padanan dari spesies (species). Jenis-jenis pisang semula dikelompokkan ke dalam 5 seksi, tetapi kini ke dalam 2 seksi. Pada tulisan ini diuraikan secara sepintas seksi Rhodochlamys dan jenis-jenis pisang yang tergabung dalam seksi tersebut.

Seksi Rhodochamys bercirikan jumlah kromosom n=11: tinggi batang kurang dari 3 m, tandan tegak, warna daun pelindung bunga cerah, baris bunga dalam satu sisir tunggal, dan buah berbentuk lurus, terdiri atas jenis-jenis sebagai berikut:
Jenis-jenis pisang dalam seksi Rhodochlamys lazim digunakan sebagai tanaman hias sebagaimana diuraikan dalam Ornamental bananas: Focus on Rhodochlamys.


No comments:

Post a Comment