Halaman Aktif

Selamat Datang

Selamat datang di blog Komunitas Peduli Pisang NTT, blog yang dibuat untuk melengkapi Facebook Fanpage Komunitas Peduli Pisang NTT. Blog di peruntukkan sebagai sarana komunikasi bagi siapa saja yang peduli terhadap keanekaragaman jenis, keanekaragaman kultivar, budidaya, jenis dan pengendalian hama dan penyakit, serta pemanfaatan pisang. Kami di Komunitas Peduli Pisang NTT sangat mengharapkan masukan dari semua pihak yang peduli terhadap tanaman pisang. Silahkan mengklik menu Daftar Isi untuk melihat daftar dan kategori seluruh tulisan dan mohon berkenan menyediakan waktu sebentar saja untuk menyampaikan komentar di dalam kotak komentar di bawah setiap tulisan.

20 December 2017

Mengenal Kultivar-kultivar Pisang dalam Kelompok Genom AB, BB, dan BBB dan Kelompok Genom Peralihan

Kultivar-kultivar pisang dalam kelompok genom AB sangat jarang, kecuali di beberapa pusat keanekaragaman hayati pisang. Demikian juga dengan kultivar-kultivar dalam kelompok genom BB dan BBB, kultivar-kultivar yang ada pada umumnya merupakan hasil silangan secara buatan. Namun demikian, seiring dengan kemajuan penelitian dan pengembangan tanaman pisang, kultivar-kultivar pisang dalam kelompok genom ini ini diharapkan akan semakin banyak pada waktu-waktu yang akan datang. Pada tulisan ini disajikan contoh dan daftar kultivar-kultivar dalam kelompok genom tersebut.

MGIS menyediakan daftar kultivar-kultivar pisang dalam kelompok genom AB, BB, dan BBB, sedangkan Promusa menyediakan hanya daftar kultivar-kultivar pisang dalam kelompok genom AB dan BBB. Beberapa kultivar pisang yang termasuk dalam kelompok genom tersebut, termasuk anak kelompok genomnya bila ada, sebagaimana didaftar oleh MGIS, adalah sebagai berikut:
Selain kultivar-kultivar dalam kelompok genom yang jelas, terdapat kultivar-kultivar dalam kelompok genom peralihan sebagai berikut:


Untuk memperoleh informasi mengenai deskripsi morfologis atau foto kultivar, silahkan klik tautan nama kultivar yang bersangkutan. Untuk memperoleh daftar kultivar, silahkan klik tautan pada daftar yang sesuai.

No comments:

Post a Comment