Halaman Aktif

Selamat Datang

Selamat datang di blog Komunitas Peduli Pisang NTT, blog yang dibuat untuk melengkapi Facebook Fanpage Komunitas Peduli Pisang NTT. Blog di peruntukkan sebagai sarana komunikasi bagi siapa saja yang peduli terhadap keanekaragaman jenis, keanekaragaman kultivar, budidaya, jenis dan pengendalian hama dan penyakit, serta pemanfaatan pisang. Kami di Komunitas Peduli Pisang NTT sangat mengharapkan masukan dari semua pihak yang peduli terhadap tanaman pisang. Silahkan mengklik menu Daftar Isi untuk melihat daftar dan kategori seluruh tulisan dan mohon berkenan menyediakan waktu sebentar saja untuk menyampaikan komentar di dalam kotak komentar di bawah setiap tulisan.

18 December 2017

Musa schizocarpa, Tetua Beberapa Kultivar Pisang

Pada dua tulisan sebelumnya telah diuraikan dua jenis pisang yang menjadi tetua sebagian besar kultivar pisang, yaitu Musa acuminata dan Musa balbisiana. Namun di Papua, Papua Nugini, dan pulau-pulau di Samudera Pasifik, terdapat jenis pisang lain yang juga berperan sebagai tetua kultivar pisang, yaitu Musa schizocarpa. Berbeda dengan Musa acuminata dan Musa balbisinana yang tergolong dalam seksi Eumusa, jenis pisang ini tergolong dalam seksi Australimusa.


Situs An annotated list of the species of Ensete, Musa and Musella oleh Constantine & Rossel (1999) tidak menyediakan deskripsi mengenai jenis pisang ini. Situs ini hanya memberikan catatan bahwa jenis pisang ini merupakan satu di antara lima jenis pisang yang buahnya pecah dengan sendirinya pada saat sudah masak, selain Musa hirta dari Kalimantan, Musa johnsii dari Papua (Indonesia), Musa velutina dari India bagian Timur Laut, dan Musa lolodensis dari Papua Nugini, selain satu jenis kerabat dekat pisang, yaitu Musella lasiocarpa dari China dan Indo-China bagian Utara. Deskripsi jenis pisang ini dapat diperoleh dari buku Musalogue: A Catalogue of Musa Germplasm, Diversity in the Genus Musa yang diterbitkan oleh International Plant Genetic Resources Institute (2001).

MGIS menyajikan 15 aksesi Musa schizocarpa, 7 di antaranya disertai dengan foto, tetapi tidak lengkap. Kultivar turunan jenis pisang ini terdapat khususnya di Papua Nugini, 12 kultivar disajikan dalam situs MGIS, enam di antaranya disertai dengan foto dan/atau deskripsi morfologis, yaitu kultivar-kultivar Ato, Ato 820Kokor, Tonton KepaUnggota, dan Vunamami.

No comments:

Post a Comment