Halaman Aktif

Selamat Datang

Selamat datang di blog Komunitas Peduli Pisang NTT, blog yang dibuat untuk melengkapi Facebook Fanpage Komunitas Peduli Pisang NTT. Blog di peruntukkan sebagai sarana komunikasi bagi siapa saja yang peduli terhadap keanekaragaman jenis, keanekaragaman kultivar, budidaya, jenis dan pengendalian hama dan penyakit, serta pemanfaatan pisang. Kami di Komunitas Peduli Pisang NTT sangat mengharapkan masukan dari semua pihak yang peduli terhadap tanaman pisang. Silahkan mengklik menu Daftar Isi untuk melihat daftar dan kategori seluruh tulisan dan mohon berkenan menyediakan waktu sebentar saja untuk menyampaikan komentar di dalam kotak komentar di bawah setiap tulisan.

18 December 2017

Musa balbisiana: Jenis Pisang Tetua Berbagai Kultivar Pisang

Sebagaimana sudah disampaikan pada tulisan sebelumnya, pisang yang dibudidayakan saat ini sebenarnya bukan merupakan jenis, melainkan hanya merupakan kultivar. Kultivar-kultivar pisang tersebut merupakan hasil hibridisasi dan poliploidisasi yang melibatkan jenis pisang sebagai tetua. Di antara beberapa jenis pisang yang berperan penting sebagai tetua tersebut adalah Musa acuminataMusa balbisiana, dan Musa schizocarpa. Mengingat peran penting jenis-jenis pisang tersebut, pada tulisan ini disajikan uraian sepintas mengenai jenis Musa balbisiana.

Berbeda dengan Musa acuminata yang mempunyai banyak anak jenis dan varietas, Musa balbisiana terdiri atas hanya tiga varietas:
  1. Musa balbisiana var. andamica  D. B. Singh, T. V. Sreekumar, R. S. Sharma, & A. K. Bandyopadhyay,
  2. Musa balbisiana var. balbisiana  D. B. Singh, T. V. Sreekumar, R. S. Sharma, & A. K. Bandyopadhyay, 
  3. Musa balbisiana var. brachycarpa  F. J. Chittenden & H. Comber.
Namun demikian, deskripsi rinci mengeni setiap kultivar tidak tersedia sehingga MGIS mencantumkan hanya nama Musa balbisiana tanpa nama kultivar, disertai dengan nama beberapa aksesi. Musa balbisiana juga mempunyai sebaran geografik asal yang lebih terbatas dibandingkan dengan sebaran geografik asal Musa acuminata sebagaimana disajikan pada Gambar 1.

Gambar 1. Sebaran geografik Musa balbisiana
Musa balbisiana juga tidak banyak mempunyai turunan kultivar diploid, triploid, maupun tetraploid sebagaimana halnya Musa acuminata. Kultivar turunan jenis pisang ini pada umumnya adalah hasil hibridisasi dengan Musa acuminata. Tiga aksesi Musa balbisiana yang ada di Indonesia adalah Klutuk Wulung, Pisang Batu 1, dan Pisang Batu 2. Untuk memperoleh gambaran mengenai karakteristik morfologis Musa balbisiana, silahkan kunjungi deskripsi Musa balbisiana pada situs An annotated list of the species of Ensete, Musa and Musella oleh Constantine & Rossel (1999) dan juga periksa aksesi Balbisiana 1, Balbisiana 2, dan Balbisiana 3 dari MGIS. Pada umumnya, kultivar turunan jenis pisang ini merupakan hasil hibridisasidengan Musa acuminata, antara lain Pisang Raja Bulu, Pisang Lilin Jambi, Pisang Kepok, Pisang Kepok Bung, dan Pisang Kepok Kulit Putih.

Aksesi Musa balbisiana yang bukan merupakan hasil hibridisasi dengan Musa acuminata tetap mempunyai nama ilmiah Musa balbisiana. Hanya saja, jika menyertakan nama aksesi maka penulisan nama ilmiahnya disertai dengan nama aksesi. Misalnya, nama ilmiah Musa balbisiana aksesi Kepok Wulung ditulis Musa balbisiana aksesi Kepok Wulung.

No comments:

Post a Comment