Halaman Aktif

Selamat Datang

Selamat datang di blog Komunitas Peduli Pisang NTT, blog yang dibuat untuk melengkapi Facebook Fanpage Komunitas Peduli Pisang NTT. Blog di peruntukkan sebagai sarana komunikasi bagi siapa saja yang peduli terhadap keanekaragaman jenis, keanekaragaman kultivar, budidaya, jenis dan pengendalian hama dan penyakit, serta pemanfaatan pisang. Kami di Komunitas Peduli Pisang NTT sangat mengharapkan masukan dari semua pihak yang peduli terhadap tanaman pisang. Silahkan mengklik menu Daftar Isi untuk melihat daftar dan kategori seluruh tulisan dan mohon berkenan menyediakan waktu sebentar saja untuk menyampaikan komentar di dalam kotak komentar di bawah setiap tulisan.

19 December 2017

Mengenal Kultivar-kultivar Pisang dalam Kelompok Genom AAA

Pada tulisan sebelumnya telah diuraikan kultivar-kultivar dalam kelompok Genom AA. Selain dalam kelompok genom ini, kultivar-kultivar pisang juga banyak dalam kelompok genom AAA. Sebagaimana kultivar-kultivar pisang dalam kelompok genom AA, kultivar-kultivar pisang dalam kelompok genom AAA juga dibudidayakan terutama menghasilkan buah untuk konsumsi segar, meskipun juga dapat untuk diolah. Pada tulisan ini diberikan beberapa contoh kultivar-kultivar pisang dalam kelompok genom AAA yang terdapat di Indonesia.

Daftar nama kultivar-kultivar pisang dalam kelompok genom AAA dapat diperoleh dari situs Promusa dan situs MGIS. Situs Promusa memberikan nama lokal kultivar, nama kultivar, nama gugus klon, dan nama anak kelompok genom terhadap kultivar-kultivar pisang dalam kelompok genom AAA. Namun sebagian besar kultivar-kultivar pisang dalam kelompok genom tersebut belum dikategorikan ke dalam anak kelompok genom, bahkan hanya mempunyai nama lokal. Kultivar-kultivar dalam kelompok genom AAA juga belum ada yang dimasukkan ke dalam gugus klon tertentu. Situs MGIS juga menyajikan daftar serupa, tetapi memberikan nama aksesi alih-alih nama lokal dan tidak mencantumkan nama gugus klon.

Berikut adalah beberapa kultivar pisang dalam kelompok genom AA yang terdapat di Indonesia menurut situs Promusa dan situs MGIS:
Silahkan klik tautan yang diberikan di atas untuk memperoleh foto dan/atau deskripsi morfologis kultivar-kultivar pisang dalam kelompok genom AAA.

No comments:

Post a Comment