Halaman Aktif

Selamat Datang

Selamat datang di blog Komunitas Peduli Pisang NTT, blog yang dibuat untuk melengkapi Facebook Fanpage Komunitas Peduli Pisang NTT. Blog di peruntukkan sebagai sarana komunikasi bagi siapa saja yang peduli terhadap keanekaragaman jenis, keanekaragaman kultivar, budidaya, jenis dan pengendalian hama dan penyakit, serta pemanfaatan pisang. Kami di Komunitas Peduli Pisang NTT sangat mengharapkan masukan dari semua pihak yang peduli terhadap tanaman pisang. Silahkan mengklik menu Daftar Isi untuk melihat daftar dan kategori seluruh tulisan dan mohon berkenan menyediakan waktu sebentar saja untuk menyampaikan komentar di dalam kotak komentar di bawah setiap tulisan.

18 December 2017

Tidak Semua yang Disebut Pisang atau yang Menyerupai Pisang adalah Benar-benar Pisang

Pisang yang dimaksud dalam blog ini adalah seluruh jenis dan kultivar pisang dalam marga Musa. Namun yang lazim disebut pisang bukan hanya jenis tumbuhan maupun tanaman dalam marga ini, melainkan jenis dari marga lain. Selain itu, dari segi morfologisnya, jenis tumbuhan dan tanaman dari genus lain yang berkerabat dekat dengan marga Musa juga dapat dikelirukan sebagai pisang.


Pisang kipas adalah sejenis tumbuhan berkeping satu asal Madagascar yang nama ilmiahnya adalah Ravenala madagascariensis Sonn., anggota dari famili Strelitziaceae. Pisang kipas ditanam di berbagai belahan dunia sebagai tanaman hias karena bentuk tajuknya yang unik menyerupai kipas raksasa (Gambar 1).

Gambar 1. Pisang kipas Ravenala madagascariensis Sonn. asal Madagascar
Pisang-pisangan yang juga banyak ditanam sebagai tanaman hias juga bukan pisang. Tumbuhan yang terdiri atas banyak jenis ini, kurang lebih 194, sebagian besar berasal dari Amerika Tropis dan beberapa berasal pulau-pulau di Samudera Pasifik dan Maluku (Indonesia), tergolong dalam marga Heliconia, dalam famili Heliconiaceae. Satu jenis di antaranya, yaitu Heliconia rostrata Ruiz & Pavon, yang di Indonesia umum dikenal sebagai pisang-pisangan Bali, sebenarnya berasal dari Peru, Bolivia, Colombia, Costa Rica, dan Ecuador (Gambar 2).

Gambar 2. Pisang-pisangan Bali Heliconia rostrata
Kerabat dekat pisang dalam satu famili, yaitu jenis-jenis dari marga Ensete dan Musella, selain karena penampilan morfologisnya yang sepintas mirip pisang, juga karena secara umum disebut pisang. Pisang ethiopia, Ensete ventricosum (Welw.) Cheesman, misalnya, sebenarnya bukan merupakan pisang yang sebenarnya, meskipun penampilannya mirip dengan pisang dan batangnya digunakan sebagai bahan pangan (Gambar 3). Jenis lainnya, Ensete glaucum (Roxb.) Cheesman, berasal dari India, Nepal, Cina, Myanmar, dan Thailand tetapi telah menyebar ke seluruh Asia Tenggara dan Papua Nugini (Gambar 4).

Gambar 3. Pisang ethiopia Ensete ventricosum
Gambar 4. Ensete glaucum
Tumbuhan lain yang juga berpotensi dikelirukan sebagai pisang adalah Musella lasiocarpa (A. R. Franchet) C. Y. Wu ex H.-W. Li yang dahulu diberi nama ilmiah Musa lasiocarpa A. R. Franchet dan Ensete lasiocarpum (A.R. Franchet) E.E. Cheesman (Gambar 5). Tumbuhan asal Yunnan, Cina, ini kini dipasarkan sebagai tanaman hias dengan nama Chinese dwarf banana, Chinese yellow banana, atau golden lotus banana. 
Gambar 5. Musella lasiocarpa
Tampilan luar sungguh bisa menyesatkan. Sekilas tampak sebagai pisang, tetapi sesungguhnya bukan pisang yang sebenarnya. Karena itu, mari kita berbagi informasi dan pengetahuan, supaya tidak tertipu oleh tampilan luar yang menyesatkan.

No comments:

Post a Comment